Kemenag Lantik Asosiasi Dosen dan Prodi Matematika PTKI

Jakarta (Kemenag) –Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag Arskal Salim GP melantik pengurus Asosiasi Dosen dan Program Studi (Prodi) atau Jurusan Matematika dan Pendidikan/Tadris Matematika Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (ADMAPETA dan APSMAPETA PTKI). Pelantikan digelar di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Senin (19/03).

Hadir dalam pelantikan, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Agus Sholeh, serta para Kepala Seksi dan perwakilan dosen Matematika pada PTKIN seluruh Indonesia.

“Kami menyambut baik terbentuknya asosiasi program studi dan dosen matematika ini. Kami akan mencoba melakukan koordinasi bersama para kasubdit, program apa yang bisa dikolaborasikan,” jelas Arskal Salim.

Menurut Arskal, saat ini muncul keinginan kuat dari para dosen untuk membentuk asosiasi keilmuan dosen dan program studi. ADMAPETA dan APSMAPETA PTKI bukan asosiasi yang kali pertama dibentuk. “Ini telah menjadi tren dan bisa terbentuk konsorsium keilmuan yang nantinya bisa bersinergi untuk program-program yang kolaboratif,” katanya.

Arskal berharap selain menjadi media berkumpul dan berinteraksi, asosiasi juga bisa menjadi sarana meningkatkan kualitas kolektif, bukan sekedar sharing di WA group, namun juga media mensinergikan potensi yang ada.

Kepada pengurus asosiasi, Arskal meminta untuk membuat kurikulum tentang integrasi keilmuan. “Matematika sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Alquran. Bagi saya pribadi, Islam adalah science dan science adalah Islam. Integrasi bukan Islamisasi. Ini merupakan mandat pemerintah ketika kita mendirikan PTKI dan menjadi pembeda dengan pendidikan umum,” jelas Arskal.

Ketua APSMAPETA Risnawati menyampaikan bahwa tujuan dibentuknya Asosiasi ini adalah membangun kerjasama antara anggota asosiasi dan antar lembaga dalam rangka memberikan kontribusi terhadap kebijakan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dalam bidang pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Asosiasi juga akan melakukan peningkatan kualitas kurikulum melalui integrasi keilmuan serta peningkatan kualitas mutu dan akreditasi,” jelas Risna yang juga dosen matematika dari UIN SUSKA Riau.

Ketua ADMAPETA Ahmad Hanif Ashar menyampaikan, asosiasi dibentuk untuk memberikan manfaat kepada para dosen dan Kemenag pada umumnya. Menurutnya, resource yang ada saat ini cukup mumpuni, sudah banyak yang bergelar doktor bidang Matematika.

“Kami akan menyambut baik dengan tangan terbuka terkait kerjasama untuk pengembangan prodi Matematika,” jelas Hanif.

Agus Sholeh meminta agar asosiasi dosen dan prodi matematika melakukan penguatan matematika di Madrasah dan Pondok Pesantren. “Matematika tidak menakutkan, tapi menyenangkan, itu joyful learning,” tegasnya.

“Kami akan terus berkomunikasi untuk membuka peluang bagi bapak/ibu sekalian,” tandasnya. (Alip Nuryanto)

https://kemenag.go.id/berita/read/507223/kemenag-lantik-asosiasi-dosen-dan-prodi-matematika-ptki

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *