Kamis, 13 2020. Sport Centre and Prof. Dr. Kusaeri, M.Pd., sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Evaluasi Pembelajaran Matematika dati Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Prof Kusaeri merupakan guru besar kedua prodi Pendidikan atau Tadris Matematikadi lingkungan PTKIN. Sementara itu, Prof. Kusaeri dengan Orasi Ilmiah berjudul ‘Reorientasi Penilaian Pembelajaran Matematika: Dulu, Kini, dan Sekarang,’ lebih berfokus pada upaya evolusi cara pembelajaran matematika. Prof. Kusaeri mengawali dengan memberikan kritik terhadap Pembelajaran Matematika yang dianggap monoton dan lebih cenderung pada pengujian fakta, rumus, dimulai dengan memberikan materi, kemudian tanya jawab, dan diakhiri dengan memberikan contoh. “Dulu Stigma anak yang dianggap pintar adalah anak yang dapat mengerjakan soal matematika dengan cepat. Kenyataannya, kini pada tahun 2000 berdasarkan survei dari PISA siswa Indonesia dalam skala internasional menduduki posisi bawah,” tambah Prof. Kusaeri.

Selanjutnya Pria Kelahiran Bojonegoro 48 Tahun silam tersebut juga menyampaikan dua faktor yang perlu diperhatikan dalam proses perombakan sistem penilaian pembelajaran matematika. Pertama, faktor individu calon guru yang harus berkompetensi, dan fakta bahwa Buku Paket masih menjadi acuan pembelajaran yang notabene masih mengacu pada proses pembelajaran terdahulu. “Melalui Program Merdeka belajar dari Mendikbub, Nadiem Makarim, mengembalikan Pembelajaran Matematika  sebagai khittah awal. Dimana matematika dimanfaatkan untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari,” tambah Dosen Prodi Matematika ini. Diakhir orasi ilmiah, Prof. Kusaeri menyampaikan, bahwa Matematika tidak hanya bisa dianggap sebagai Ilmu Dunia, namun sekaligus Ilmu Akhirat.

Kami selaku pengurus turut berbahagia atas pencapaian tertinggi ini, semoga semakin banuyak dosen anggota ADMAPETA PTKIN yang bisa segera menyusul. Tabik.

naskah pidato pengukuhan guru besar bisa di lihat di: https://s.id/pengukuhankusaeri

beberapa bagian dalam tulisan ini ada di web : https://w3.uinsby.ac.id/awali-perkuliahan-semester-genap-ta-2019-2020-uinsa-kukuhkan-dua-gubes/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *